Simulasi Dan Pemodelan Antrian Pendaftaran Semester Pendek Pada Tata Usaha Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya

BAB I

PENDAHULUAN

 1. LATAR BELAKANG

Mengantri adalah kondisi dimanasekumpulan orang, komponen atau mesin yang membutuhkan layanan harusmenunggu dalam suatu urutan tertentu sebelum akhirnya memperoleh layanan. Hal ini terjadi pada saat kemampuan menyelenggarakan layanan lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan layanan. Sumber daya yang harus tersedia untuk menyelenggarakan layanan harus direncanakan sedemikan rupa sehingga proses penyelenggaraan layanan menjadi efektif dan efisien.

Antrian yang terlalu panjang mengakibatkan waktu tunggu yang terlalu panjang dan akan merugikan pihak yang membutuhkan layanan tetapi sebaliknya, kemampuan menyelenggarakan layanan yang berlebihan juga harus dihindari karena akan mengakibatkan sumberdaya yang tersedia terlalu lama menganggur sehingga akan merugikan pihak penyelenggara layanan.

Dewasa ini, simulasi telah menjadi suatu hal yang sangat penting. Berbagai penelitian dan kajian dilakukan dengan menggunakan metode simulasi sebagai salah satu teknik untuk memecahkan masalah. Masalah yang dapat diselesaikan dengan menggunakan simulasi salah satunya adalah masalah antrian.

Seperti halnya yang sering terjadi pada saat pendaftaran semester pendek di Fakultas Teknik sering mengalami penumpukan antrian pendaftaran yang tidak terkendali. Hal ini selalu terjadi setiap tahunnya tanpa ada tindakan lebih lanjut untuk mengatasi permasalahn tersebut. Seperti yang kita lihat banyaknya mahasiswa yang mendaftar semester pendek tidak berbanding dengan jumlah petugas loket yang ada sehingga menyebabkan sering terjadinya keterlambatan dalam proses pendaftaran dan penggunaan waktu yang tidak efektif.

Studi kasus yang diamati yaitu sistem antrian dan mekanisme antrian yang terjadi pada saat pendaftaran semester pendek difakultas teknik universitas palangkaraya. Pengamatan dilakukan selama 3 hari yaitu senin, selasa, dan rabu, mulai pukul 09.00 – 12.00 wib. Data studi kasus yang telah diperoleh yaitu dengan mencatat waktu pertibaan mahasiswa, waktu mulai dilayani, waktu selesai dilayani pada setiap mahasiswa yang datang mendaftar semester pendek.

Berdasarkan permasalahan yang diuraikan diatas, judul yang diambil oleh tim penulis dalam penelitian ini adalah”SIMULASI DAN PEMODELAN ANTRIAN PENDAFTARAN SEMESTER PENDEK PADA TATA USAHA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PALANGKA RAYA”. Dengan adanya simulasi dan pemodelan ini diharapkan dapat membantu dan mengoptimalkan dalam mengatasi permasalahan yang ada.

  1. RUMUSAN MASALAH

Bagaimana menentukan model antrian yang tepat digunakan sehingga dapat mengurangi terjadinya penumpukan antrian pada loket pendaftaran Semester Pendek di Fakultas Teknik UNPAR ?

  1. BATASAN MASALAH

Dari masalah yang dirumuskan diatas maka dapat dilakukan pembatasan masalah, agar lebih mengarahkan permasalahan tersebut pada tujuannya sehingga menjadi lebih jelas. Adapun pembatasan masalah adalah sebagai berikut :

  1. Penelitian dilakukan pada loket pendaftaran semester pendek selama 3 hari pada periode sibuk (batas akhir pendaftaran semester pendek) pada interval waktu yang berbeda.
  2. Ruang lingkup penelitian hanya mencakup kedatangan, pelayanan, displin antrian dan jumlah fasilitas pelayanan yang tersedia.
  3. Model antrian yang digunakan adalah model antrian tunggal (single channel).

 

  1. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Dapat menerapkan simulasi dan pemodelan sistem antrian pendaftaran semester pendek dengan menggunakan metode teori antrian.
  2. Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari simulasi dan pemodelan sistem antrian pendaftaran semester pendek.

Manfaat dari penelitian ini adalah segbagai berikut :

  1. Sebagai penerapan teori yang diperoleh selama kegiatan perkuliahan ke dalam praktek yang sebenarnya, serta bagaimana pengalaman dalam menganalisis suatu masalah secara ilmiah.
  2. Sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam menentukan jumlah pelayanan.

  1. METODE PENYELESAIAN TUGAS

Untuk menyelesaikan masalah yang ada, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahap-tahap tersebut akan diuraikan secara ringkas, tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

Tahap  I : Menentukan Studi Kasus

Pada tahap ini tim penulis menentukan studi kasus yang akan diangkat sebagai bahan dalam penelitian.

Tahap  II  : Analisis Data

Dalam penelitian ini akan dilakukananalisis data, dalam analisis data ada 3 proses yang dilakukan yaitu analisis sistem lama, pengumpulan data serta permasalahan.

Tahap  III : Pengolahan Data

Dalam tahap ini data – data yang sudah dikumpulkan akan diolah mengunakan metode model matematika.

Tahap IV  : Solusi    

            Pada tahap ini tim penulis akan memberikan solusi berdasarkan penggunaan metode model matematika yang kami terapkan pada permasalahan yang kami bahas.

Laporan selengkapnya : Di sini

Tinggalkan komentar